Kamis, 05 Maret 2015

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Komputer Gaming

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Komputer Gaming

Blog Ilmu Komputer - Saat ini komputer adalah sebuah benda wajib yang ada bukan hanya di perkantoran namun juga di rumah-rumah. Dalam pembelian atau perakitan sebuah komputer itu sendiri, ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

Tujuan utama dari penggunaan komputer tersebut adalah hal yang perlu diperhatikan dengan seksama. Komputer yang dipergunakan hanya untuk tujuan administrasi kantor semata akan memiliki spesifikasi yang berbeda bila dibandingkan dengan komputer yang dipergunakan untuk tujuan multimedia atau komputer gaming.

Khusus untuk pembelian atau perakitan komputer gaming itu sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar para pemilik komputer bisa menikmati game yang mereka mainkan dengan baik. Langsung saja kita simak beberapa hal ini :
 
1. Dana yang tersedia.
Hal ini adalah salah satu faktor pertimbangan yang paling penting. Dengan mengetahui kapasitas dana yang tersedia, para calon pembeli bisa mulai memilih komponen yang akan mereka pergunakan agar tetap bisa memberikan hasil yang maksimal.

2. Grafik atau VGA.

Semakin tinggi VGA yang dipilih maka kualitas gambar akan jauh terlihat lebih baik. Pemilihan VGA dengan spesifikasi yang tinggi akan mampu membuat berbagai jenis game termasuk game RPG dapat dimainkan dengan baik.

3. Jenis processor.
Para pengguna komputer bisa memilih jenis processor yang sesuai dengan keinginan mereka namun untuk keperluan bermain game, jenis processor yang terbaru dengan spesifikasi tinggi seperti quad core sangat dianjurkan.
4. Memory.

Kapasitas memori dalam sebuah komputer gaming akan sangat mempengaruhi kemampuan penyimpanan game yang ada. Semakin besar memorinya, maka akan semakin banyak game yang bisa dimainkan. Para calon pembeli juga bisa menentukan  jumlah memori dari motherboard dan sistem operasi yang dipergunakan dimana pengguna Windows 7 Home mendukung penyimpanan memori sampai sebesar 16 GB atau minimal sebesar 8 GB. 
 5. Harddisk.

Harddisk merupakan tempat penyimpanan file di sebuah komputer dan untuk komputer gaming sendiri, pastikan untuk menggunakan harddisk dengan kapasitas yang besar diatas 500 GB dan juga yang memiliki kecepatan tinggi untuk bisa menyimpan banyak game.

6. Motherboard.

Bisa dikatakan bahwa motherboard adalah induk dari segala fitur yang nantinya bisa ditempakan dalam komputer tersebut. Pemilihan motherboard akan sangat mempengaruhi penggunaan jenis memory, jenis processor yang akan dipergunakan antara IMD atau Intel dan juga berbagai hal lainnya. Ingatlah bahwa masing-masing motherboard memiliki fitur serta chipset yang berbeda-beda pula.

7. Power supply.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memilih sumber penyedia tenaga yang sesuai dengan kebutuhan. Komputer untuk bermain game memiliki kebutuhan tenaga yang jauh lebih besar dibandingkan dengan komputer untuk tujuan biasa oleh karena itu perlu dipergunakan power supply yang lebih besar dan jangan lupa padukan dengan sistem cooling atau sistem pendingin  yang benar-benar efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar