Membuat Scene Rumput 3 Dimensi
Membuat Scene Rumput 3 Dimensi
Publish: 20 April 2014 | Author & Copyright: Aditya, ST | Status: Tip Trik 3DSmax
Hai, halo. Jumpa lagi di rubrik "3T 3D" ilmugrafis,
Sekarang saya akan share tentang membuat scene rumput 3D. Scene ini
biasanya banyak dijumpai bila Anda membuat scene yang berhubungan dengan
lanskap (landscape) atau area luar atau panorama / pemandangan.
Gambar : scene rumput 3 dimensi
Ilustrasi diatas merupakan Project yang saya buat sekitar 8 tahun yang lalu (tahun 2006). Sudah cukup lama ternyataĆ¢€¦ hehehe. Ilustrasi ini saya buat untuk mengisi ilustrasi sebuah seminar Animasi yang saya isi saat itu. Selain itu juga digunakan untuk tutorial yang dimuat di rubrik Animasi yang saya tulis di sebuah surat kabar di Medan.
Sebelum 3ds Max versi 8 keluar, sangat sulit untuk membuat rumput 3D.
Jika ingin membuatnya, maka harus menggunakan fitur Scatter pada
Compound Object dan harus mengatur banyak parameternya, sehingga sedikit
agak jelimet (rumit). Setelah 3ds Max versi 8 muncul, terdapat fitur
membuat rumput yang sangat cepat dan mudah. Fiturnya bernama "Hair and
Fur". Pada 3ds Max versi 7.5, fitur ini bisa digunakan, namun harus
diinstal lagi (terpisah). Berbeda dengan 3ds Max versi 8, dimana fitur
ini sudah include (termasuk) didalamnya.
Sebenarnya fitur Hair and Fur ini tidak hanya untuk
membuat rumput saja, namun diperuntukkan untuk membuat aneka objek 3D
yang sifatnya banyak, acak/random dan variatif ; seperti objek rambut,
bulu dan lainnya.
Gambar : hasil render rumput 3d
- Buat sebuah objek 3D sebagai base (dasar) untuk peletakkan objek rumputnya nanti. Bisa objek Box, Plane, Sphere, dan lainnya. Namun yang paling banyak digunakan sebagai base-nya adalah objek Plane.
- Lalu berikan Modifier Hair and Fur.
- Atur parameter yang terdapat pada fitur Hair and Fur ini. Yang terutama adalah mengubah warnanya menjadi warna hijau (warna rumput).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar