Kamis, 05 Maret 2015

Membuat Kartun 3D Bergaya Kartun 2D

Membuat Kartun 3D Bergaya Kartun 2D

Membuat Kartun 3D Bergaya Kartun 2D


Publish: 09 April 2014 | Author & Copyright: Aditya, ST | Status: Tip Trik 3DSmax
Halo. Jumpa lagi di "3T 3D" yang ke 4. Setelah sebelumnya membuat tips Ilustrasi Bentuk Kartun (Cartoon) 3D. Kali ini saya akan sharing tentang membuat tampilan Kartun 3D kita menjadi tampil seperti kartun 2D. Teknik ini sangat banyak dipakai saat ini. Anda bisa melihatnya pada beberapa film, serial tv, iklan, video klip, dan lainnya.
Tujuan atau fungsi style ini adalah dapat menciptakan efek seperti kartun jaman dulu / tempo doeloe (hehe) atau untuk membuat tampilan seperti sketsa / gambar tangan atau untuk menampilkan kesan yang sederhana namun tetap menarik.
toon 3d
gambar : toon 3d
toon 2d
gambar : toon 2d
Seperti ditampilkan pada 2 ilustrasi di atas. Ilustrasi pertama bergambar petunjuk jalan di padang rumput yang bergaya kartun 3D ( penjelasan lebih lengkap telah di bahas pada tips sebelumnya yaitu Bentuk Kartun 3D yang lalu ).
desain lanskap 3d
gambar : Desain Lanskap 3D
desain lanskap 2 dimensi
gambar : Desain Lanskap 2 Dimensi
Ilustrasi kedua bergambar gedung lengkap dengan lanskapnya. Ini adalah Project lama saya juga sekitar tahun 2004, yakni membuat rancangan desain lanskap dari salah satu kantor operator seluler di Medan.
Ilustrasi pertama saya buat untuk desain sertifikat pada sebuah seminar Animasi yang saya adakan yang bertemakan tentang kartun, sehingga ilustrasi ini sesuai dengan konteks temanya. Ilustrasi kedua saya buat untuk Project lanskap dari salah satu client saya, tampilan kartun dibuat untuk menampilkan kesan seperti desain rancangan sketsa, selain itu bertujuan juga untuk menunjukkan tampilan zona (area) lanskap dengan lebih jelas.
Untuk membuat kesan / gaya / style / tampilan objek kartun 3D menjadi style kartun 2D pada aplikasi 3ds Max, Anda bisa menggunakan fitur Ink 'n Paint. Fitur ini baru muncul pada 3ds Max sekitar versi 5 keatas. Fitur ini cukup mudah dan gampang cara memakainya.

Berikut panduan garis besar membuat material kartun 2D nya.

  • Buka fitur Material Editor.

  • Ubah tombol Standard menjadi pilihan Ink 'n Paint.

  • Pada rollout Paint Controls, klik warna yang Anda inginkan. Ubah nilai Paint Levels = 3 untuk mendapatkan aksen gradasi warna. Klik kotak Highlight untuk memunculkan kesan highlight pada objek 3D. Perbesar nilai Glossiness untuk mendapatkan highlight yang kecil (tajam) atau sebaliknya.

  • Pada rollout Ink Controls, klik kotak Ink untuk menghilangkan tepi tinta hitam pada sisi objek.

  • Anda bisa berekperimen dan mencoba mengatur parameter-parameter yang ada pada fitur Ink 'n Paint ini untuk mendapatkan berbagai variasi atau tampilan lainnya yang Anda inginkan.
Mudah kan. Ok, selamat berlatih 3dsMAX, Salam Grafis! Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar